Rabu, 26 Oktober 2011

resep masakan padang

Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut semua jenis masakan yang berasal dari suku Minangkabau di provinsi Sumatera Barat. Segala jenis masakan suku Minangkabau ini lebih populer dengan sebutan Masakan Padang. Tidak salah pula kiranya, bila masakan Minang itu dikenal menjadi Masakan Padang. Sebutan ini berawal dari kota Padang yang merupakan tempat pijakan orang Minang pada saat meninggalkan kampung halamannya. Mereka berlayar pergi merantau mulai dari Pelabuhan Muara atau Pelabuhan Teluk Bayur yang berada di Kota Padang. Ketika mereka tiba dirantau mereka menyebut daerah asalnya "Padang“. Makanya jangan heran hingga saat ini suku lain di Indonesia lebih mengenal orang Padang ketimbang orang Minang. Demikian juga masakan khas yang berasal dari Minang ini lebih populer disebut dengan Masakan Padang.

Cita rasa yang utama di temui pada Masakan Padang adalah gurih dan pedas. Rasa gurih dan pedas tersebut diperoleh dari santan dan cabai merah yang memang banyak di konsumsi orang Minang. Rasa gurih dan pedas ini dapat dicampur dengan bahan baku apa saja. Semisal, bahan baku hewani, yaitu: daging sapi, ayam atau bebek, ikan laut, ikan tambak, termasuk telur ayam. Sementara sayuran dalam Masakan Padang lebih banyak menggunakan kacang panjang, daun singkong, pakis, nangka, buncis, serta petai dan jengkol.
Orang Minang dalam mengolah masakan, tidak pernah pelit dalam memasukkan bumbu dalam sebuah masakan. Mereka meracik masakan dengan bahan dan bumbunya kental dan terasa pekat. Bawang merah dan bawang putih yang dimanfaatkan sebagai pembuat gurih masakan, biasanya digunakan dengan perbandingan 2 : 1. Perbandingan bumbu dan bahan baku dalam masakan minang pun ada yang menggunakannya hingga 3 : 8. Artinya takaran bumbu adalah 3 berbanding 8 dengan takaran bahan baku. Dengan perbandingan takaran ini, dapat dipastikan betapa gurihnya cita dan rasa masakan Minang.

Singkat cerita, ideelok.com akan menyajikan resep rahasia Masakan Padang nan asli di sini. Tentunya resep-resep yang akan disajikan ini adalah bersumber orang Minang asli yang sudah sangat berpengalaman dalam mengolah masakan khas suku Minangkabau ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar